Selamat Datang di Blog Kami

Saya sangat tersanjung dengan kedatangan anda untuk membaca artikel yang kami susun, mudah mudahan dapat membantu anda wLupun hNY sedikit

Sabtu, 15 Januari 2011

Metrok Alat Penyiang Padi Sawah Yang Ringan

Metrok Alat baru Untuk menyiang Padi Sawah
Kegiatan  Penyiangan dalam budidaya tanaman padi adalah merupakan kegiatan pokok yang terjadwal. Penyiangan bertujuan untuk membersihkan gulma disekitar tanaman yang dibudidayakan  agar tidak terjadi persaingan dalam hal nutrisi, dalam hal ruang dan dalam hal kebutuhan sinar matahari .
Ada beberapa tahapan  yang biasa dilakukan  petani dalam kegiatan  penyiangan
1.       Ngalandak  adalah kegiatan penyiangan dengan menggunakan landakan(Snd). Kegiatan ini dilakukan paling awal sebelum kegiatan penyiangan yang lain.
Ngalandak dilakukan pada saat umur tanaman kurang lebih 25 hst, dilakukan oleh bapak tani dan jarang sekali dilakukan oleh ibu tani
Kegiatan ini tidak membersihkan seluruh gulma yang ada, karena gulma yang dekat dengan rumpun padi sulit dijangkau alat. Kegiatan ini ada istilah motong, yang artinya melakukan ngalandak dengan arah yang berbeda yaitu arah memotong. Kelemahannya  tidak bisa dikerjakan ketika air dalam petakan tidak ada
2.            Ngarambet  adalah kegiatan penyiangan padi setelah ngalandak.  Kegiatan ini dilakukan kurang lebih 1 mg setelah ngalandak, dilakukan oleh ibu tani tanpa menggunakan alat bertujuan mencabut gulma yang tidak terjangkau oleh landakan. Kelemahannya adalah tangan menjadi sakit ketika tanahnya kering.
Kini ada alat yang dapat membantu ibu tani dalam melakukan ngarambet kerjanya dikerok sehingga disebut “Metrok” Alat ini dapat mengurangi waktu ngarambet sehingga hemat waktu , dapat dikerjakan pada lahan yang tanahnya mengeras, sehingga tidak lagi tangan ibu tani menjadi sakit. Alat ini bisa menjadi hemat waktu, hemat tenaga dan hemat biaya.
METROK  adalah alat ngarambet dengan cara kerja dikerok. Alat ini merupakan inovasi baru yang diciptakan untuk mempermudah kerja penyiangan padi .
 Penciptanya memberi nama Metrok yang artinya ngarambet dengan cara kerja dikerok 
carakerja alat ini sangat sesuai dengan keinginan petani karena alat ini tercipta dari ide praktis seorang petani. yaitu pengerat rumput  yang sangat efektip digunakan baik di lahan kering maupun dilahan sawah.
Metrok dibuat dari bahan behel baja  yang kokoh dan tahan lama dengan bentuk yang spesipik pipih, meliuk dan dilengkapi minimal 43 buah gigi berguna untuk mengerok baik tanah sawah maupun lahan darat . alat ini tidak perlu diasah karena semakin sering dipakai akan semakin tajam.
Bentuk yang pipih agar ketika dikerjakan dapat berjalan dengan tarikan yang ringan sehingga tidak boros tenaga.  Alat ini dapat menghemat 30 % tenaga. Yang biasa dikerjakan oleh 10 orang tenaga wanita, dengan alat ini cukup 7 orang tenaga wanita. Jadi alat ini bisa menghemat biaya.
Alat ini dapat membersihkan seluruh gulma yang ada sekalipun dekat dengan rumpun padi. Alat ini juga dapat dikerjakan tanpa dilandak terlebih dahulu, jadi alat ini akan jauh lebih hemat dibanding alat penyiangan lainnya.


Alat ini lebih simpel dibanding alat lainnya lebar hanya 14 -15 cm, tinggi 20-23 cm, lebih ringan dengan bobot hanya 140 gr sehingga mudah dibawa kemana-mana.
Cara kerja alat ini dikerokan dan langsung mengumpulkan gulma yang ada tanpa menggunakan jari jari tangan kemudian dibenamkan dengan kaki .
Dengan menggunakan alat ini jari tangan dan kuku kita tidak akan sakit ataupun kotor sehingga alat ini dapat menjaga kesehatan atau kecantikan para ibu tani.
Fungsi Penyiangan
  • Membersihkan gulma sehingga tidak terjadi persaingan akan kebutuhan metabolisme tanaman.
  • Memasok udara ke dalam tanah sehingga terjadi aerasi yang baik.
  • Memotong akar tanaman. dengan terpotongnya akar tanaman akan memacu partumbuhan cabang cabang akar yang lebih banyak dengan banyaknya akar maka pertumbuhan tanaman akan lebih bagus

Pemeliharaan Alat
Agar alat yang digunakan dapat tahan lama, maka harus ada pemeliharaan alat setelah pekerjaan selesai.  Setelah alat selesai digunakan, bersihkan alat dengan cara mencuci dengan air hingga bersih dari kotoran tanah.   Karingkan alat dengan lap atau dijemur dibawah sinar matahari. Setelah kering alat dilap dengan kain yang diberi minyak pelumas atau minyak sayur, kemudian simpan pada tempat yang kering, jauh dari jangkauan anak
    Diproduksi oleh:
    Kelompoktani Margamulya Desa Sukapura
    Kecamatan Wado Sumedang
    Dibawah bimbingan Cece Suherman POPT Situraja
    Tlp. 085294758756


    Harga satu unit Metrok Rp 30.000, tidak termasuk ongkos kirim, bisa pesan lewat Hp atau alamat email : cecesuherman84@yahoo.com

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar